Fenomena Jejaring Sosial

Facebook, Friendster, dan Twitter adalah contoh jejaring social yang sukses saat ini. Entah apa yang menjadikan ketiga jejaring social tersebut sangat akrab di Tanah Air ini.

Fenomena jejaring social di Tanah Air akhir-akhir ini bak jamur di musim hujan. Semua berlomba-lomba membuat jejaring social, baik secara komunitas maupun tidak. Menurut saya fenomena ini sangat baik jika semua produk yang kita ciptakan itu baik dan beda dari produk yang lain.

Tinggal bagaimana kita memasarkan produk kepada masyarakat. Pada prinsipnya pemasaran adalah bagaimana kita menganalisa kebutuhan konsumen dan membuat keputusan yang bisa memuaskan konsumen kita lebih dari para produk jejaring social yang lain dan bermuara pada transaksi penjualan. Artinya jejaring social yang kita ciptakan laku dan dinikmati oleh parakonsumen.

Dalam mengelolah jejaring social dibutuhkan konsentrasi dan manajemen yang bagus agar dapat bersaing dengan pesainnya, dalam ilmu manajemen ada istilah 4P yang juga di kenal dengan sebutan Marketing Max. 4P tersebut adalah:
•    Product
•    Prince
•    Place
•    Promotion

Product
Dalam jejaring social produk utamanya layanan dan jasa. Layanan dan jasa di jejaring social di implementasisikan dengan adanya tool-tool yang mudah dimengerti dan gampang digunakan oleh para konsumennya.

Oleh sebab itu layanan dan tool yang ada di jejaring social sangat mempengaruhi terhadap pemasaran produk yang kita ciptakan. Karena dinilai dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam tingkat yang berbeda-beda, maka pemilikan atas suatu produk akan dipengaruhi oleh suatu konsep tentang nilai dan kepuasan yang diharapkan. untuk itu pengembangan produk baru adalah hal terpenting dalam pemasaran karena hal itu merupakan upaya dari banyak perusahaan untuk membuat inovasi baru yang nantinya akan mempengaruhi loyalitas konsumen akan suatu produk yang kita ciptakan tersebut.

Kita harus menganalisa kebutuhan konsumen, pasar yang belum tergarap untuk membuat varian baru dalam produk kita. Sehingga dalam pemasarannya timbul pertanyaan, apa yang membedakan produk kita dengan jejaring social lainnya?

Prince
Jika sudah mempunyai produk tinggal kita memikirkan harga. Biasanya dalam jejaring social tidak hanya menawarkan tool dan layanan kepada penggunanya akan tetapi juga bagaimana iklan-iklan harus ada di jejaring social yang kita buat. Nah dalam iklan tersebut kita juga harus pintar-pintar mencari iklan agar perusahaan yang kita kelola tidak gulung tikar alias bangkrut.

Place
Tempat dalam jejaring social sangat penting. Karena mempengaruhi terhadap kecepatan akses. Artinya kita harus memilih selver di luar negeri atau dalam negeri dan tak kala pentingnya berapa kbps atau megabite yang kita pakai.
Kecepatan akses merupakan hal yang sepeleh menurut sebagian orang tapi hal yang sepeleh ini akan berdampak ke yang lebih besar. Maka dari itu  jangan sekali-kali kita menyepelehkan tempat dan kecepatan akses.

Promotion
Jika sudah melakukan 3P di atas dengan baik, maka tinggal kita finishing yaitu memikirkan promosinya.  Sebab jika tidak di promosikan produk kita, tidak akan di ketahui oleh orang banyak. Banyak cara dalam mempromosikan jejaring social salah satunya dengan iklan di media cetak atau media elektronik.

Mempromosikan jejaring social juga bisa di lakukan dengan kerja sama dengan provider tertentu. Ini sudah di lakukan oleh Facebook, friendster, dan twitter hasilnya ketiga jejaring social tersebut menjadi primadona saat ini di Indonesia.
Kita ambil contoh jika jejaring social yang kita ciptakan tool dan layanan istimewadengan  yang lain maka hal itu harus di tonjolkan dalam memformulasikan promosi.

Semoga dengan adanya jejaring social ini menjadi jembatan tali silaturahim antar individu maupun kelompok dan bermuara kepada melek informasi serta pengetahuan yang organik kata Gramchi.

Silahkan buka


Gambar ini Diambil

Satu Balasan ke Fenomena Jejaring Sosial

  1. Evan mengatakan:

    aku gak ngerti…..!!! apa yg anda jelaskan😦

    luthfi
    Terima kasih telah berkunjung ke blogq. kalo g ngerti ya bikin ngerti aja mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: