Indonesia berimajinasi 2009

save1Di tahun 2009 Indonesia berimajinasi untuk mengankat sektor industri, yaitu dengan sebuah mimpi melaksanakan industri kretif. Industri kreatif memang sangat menjanjikan bagi bangsa ini, karena kontribusi industri kreatif 2002-2006 sebesar 6,3 persen terhada Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 5,4 juta tenaga kerja (5,8% dari total tenaga kerja nasional), serta telah menyumbang Rp 112 triliun dalam tiga tahun terakhir. Namun pada tahun itu perkembangan industri kreatif terhambat karena tidak ada pemetaan industri kreatif nasional.
Sebelum imajinasi ini dilanjutkan, lebih enak kalau kita mengerti dulu pengertian industri kreatif itu. Bukan begitu? Industri kreatif ialah industri yang timbul dari pikiran dan bakat seseorang berdasarkan atas intlektualitas, ide, gagasan yang sangat orisinil dan melaksanakannya demi memajukan industri dan menciptakan lapangan kerja di tanah air kita yaitu Indonesia tentunya.
Industri kreatif banyak macamnya antara lain: periklanan, film/ video dan fotografi, musik, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, desain fasion,  permainan interaktif, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan computer dan piranti lunak, televisi dan radio, serta riset dan pengembangan.
Oleh sebab itu, menteri perdagangan Marie Elka Pangestu sangat optimis industri kreatif pada tahun 2009 sangat membantu perekonomian Indonesia dan menyerap tegana kerja. Sebagaimana yang di beritakan okezone.com 19/12/2008,  mendagri mengatakan kontribusi industri kreatif 2009 di harapkan tumbuh 6%, karena pasar industri kreatif sebanyak 47% total penduduk Indonesia, yakni 143,8%. Ada 47 persen atau sekira 143,8 juta penduduk Indonesia yang beerusia di bawah 29 tahun yang merupakan potensi pasar sekaligus pelaku.
Begitulah imajinasi pemerintah terhadap industri kreatif pada tahun 2009, demi menangkal terpuruknya industri global dan mengangkat produk dalam negeri. Semoga ini tidak jadi sebuah imajinasi saja. Karena imajinasi merupakan hal yang tidak lazim dilakukan maupun di kerjakan oleh pemerintah Indonesia, imajinasi pantas dilakukan bagi orang-orang yang sedang di mabuk cinta atupun orang yang sedang termenung dan melamun.
Maka dari itu, menurut saya harus ada pembinaan bagi rakyat yang bergerak dalam sektor industri kreatif. Baik itu seminar, pelatihan intlektualitas yang disesuaikan dengan bakat dan minat setiap individu, dan yang paling penting adanya bantuan dana dari pihak pemerintah demi keberlangsungan usaha industri kreatif. Bukan begitu?

4 Balasan ke Indonesia berimajinasi 2009

  1. yainal mengatakan:

    berimajinasi dan bermimpi adalah kewajiban setiap orang.. bukan cuman sekedar berkeinginan.. karena kadang, langkah kecil yang dimulai dari berimajinasi melahirkan mimpi-mimpi besar yang berlanjut pada kenyataan..

    itu kalo menurut saya..🙂

  2. luthfimadura mengatakan:

    memang ia si mas, akan tetapi lebih enaknya berimajinasi tidak terlalu tinggi biar jatuhnya tidak terlalu sakit.

  3. kweklina mengatakan:

    setiap manusia memiliki mimpi dan iamjinasi…jangan lupa usaha dan doa untuk mewujudkanya.

  4. luthfi mengatakan:

    Manusia memang diharuskan berusaha dan berdo’a, akan tetapi manusia juga tidak ditakdirkan untuk berimajinasi dan bermimpi terlalu lama, karena akan menimbulkan efek dan penyakit yang akut nantinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: