Mendulang Suara lewat Internet

iklan1Datangnya teknologi di zaman globalisasi membuat dunia bagaikan tanpa pembatas. Arus informasi begitu cepat tersebar berkat teknologi yang satu ini, yaitu Internet. Internet akhir-akhir ini dijadikan sarana untuk berkampanye. Bukan hal baru memang, internet di jadikan alat berkampanye, tapi perubahan yang mencolok menjelang pemilu 2009 ini. Parpol, capres, dan caleg saling gencar memanfaatkan intenet dalam menyosialisaikan program kerja mereka. Mungkin ini kekaguman mereka terhadap suksesnya Barack Obama di AS ketika mendulang suara dan menggalang dana lewat internet, kini masing-masing parpol, capres dan caleg ramai-ramai membuat blog maupun website.
Para pemburu suara rakyat itu (parpol, capres dan caleg) tidak hanya menggunakan blog dan website aja. Akan tetapi mereka juga menggunakan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan untuk sosialisasi maupun berkomunikasi seperti, facebook, friendster, youtube, pupei dll.
Melihat realitas di atas, kenapa mereka menggunakan media internet? Karena saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia di taksir sekitar 26 juta hingga 27 juta orang. Pantas memang kalau media internet ini di jadikan alat kampanye dan penggalangan, tidak hanya itu saja kelebihan dari internet selain bisa mengirim informasi dan pesan lebih cepat ia juga bisa mencari informasi data lawan politik atau memasang propaganda, tentang visi politik, dan juga yang paling penting internet bisa menghemat biaya jika dibandingkan dengan media cetak maupun media elektronik serta dapat menjangkau konstituen tanpa batas baik yang tinggal di dalam negeri ataupun yang tinggal di luar negeri.
Mendulang suara lewat internet adalah salah satu jalan efektif dan efisein. Namun perlu di ingat, berkampanye di internet jika tidak ada orang yang mengoperasikan dalam hal ini orang-orang yang kompetin di dalamnya. Minimal ada programmer ataupun lembaga yang bergerak dalam public releation media online. Jika ini tidak ada mustahil akan tercapai apa yang menjadi harapan para parpol, capres, dan caleg untuk mendulang suara dan menggalang dana dari masyarakat Indonesia.
Perlu di ingat Barrack Obama menang pada pemilu di Amerika, karena di dukung oleh orang-orang yang bergerak dalam public Realiation media online. Sehingga Barrack Obama menang telak atas rivalnya.
Maka dari itu, mendulang suara menggunakan internet merupakan langkah jitu untuk menarik dukungan dari rakyat Indonesia. Karena pemilih di internet mencapai 30 juta orang.

2 Balasan ke Mendulang Suara lewat Internet

  1. yainal mengatakan:

    obama memang fenomena.. sayangnya banyak yang terjebak pada euforia sesaat tanpa memperhatikan fungsi utama dan bagaimana karateristik pengguna internet..

  2. luthfimadura mengatakan:

    maka dari itu mas, berkampanye lewat internet bagi saya harus kenal usernya siapa dan harus ada yang menghandelnya. bukan begitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: