Fasilitas pada Internet

intPengertian fasilitas menurut Salim (1989:415) adalah sesuatu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan, tugas, dan sebagainya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan fasilitas Internet adalah segala sesuatu yang dapat membantu memudahkan pengguna dalam memanfaatkan Internet.
Semua pengguna komputer yang terhubung ke Internet dapat saling berkomunikasi dengan menggunakan protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Menurut Koswara (1998:186-187), ada tiga fasilitas utama dari TCP/IP ini, yaitu electronic mail, remote login, dan file Transfer. Sedangkan menurut Zainuddin (2006:40) fasilitas Internet yang dapat digunakan oleh pengguna, di antaranya: World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Electronic Mail (E-Mail), Newsgroup atau Mailing List, IRC/chat, dan sebagainya.

1.    World Wide Web (WWW)
World Wide Web adalah fasilitas di Internet yang relatif paling baru di bandingkankan dengan fasilitas yang lainnya. Saat ini World Wide Web atau WWW merupakan falitas yang paling popular karena menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan (Wahana Komputer, 1997:16). World Wide Web adalah sebuah database jalinan komputer di seluruh dunia yang menggunakan sebuah arsitektur pengambilan informasi yang umum (Vaughan dkk, 1999:7).
WWW pertama kali dikembangkan oleh European Physics Laboratory (CERN) pada tahun 1989 oleh tim Berners-Lee di Genewa, Swiss. WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyedia informasi di Internet yang memungkinkan pemakai Internet mendapatkan dan menampilkan informasi-informasi di mana saja di Internet secara mudah dan cepat (Wahana Komputer, 1997:16). Dengan tujuan itu, maka CERN mengembangkan suatu bentuk dokumen yang dapat dengan mudah ditampilkan di berbagai tipe perangkat dan di dalamnya terdapat link atau hubungan-hubungan kedokumen lainnya. Jadi dari suatu dokumen WWW, pemakai dapat langsung menuju ke dokumen-dokumen lain atau bahkan alamat-alamat lain di Internet secara langsung melalui link-link yang telah disediakan.
WWW merupakan sistem hiperteks yang beroperasi di Internet. Sistem hiperteks adalah sistem untuk menampilkan informasi yang mengandung referensi (disebut hipertaut atau hyperlink) ke informasi lain dalam sistem. Hiperteks biasa dijelajah (di-browse) dengan menggunakan program yang disebut dengan penjelajah (browser), seperti Internet explorer dan netscape navigator, yang akan mengambil informasi dari Internet (disebut halaman web atau web pages) dan menampilkannya kelayar monitor (Purnomo dan Zacharias, 2005: 371).
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan Internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui Internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari).
Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).

2.    File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protokol atau sering disebut dengan FTP saja adalah salah satu fasilitas yang dikembangkan pada awal perkembangan Internet. FTP memungkinkan para pemakai Internet untuk menghubungkan ke suatu computer di Internet kemudian mengakses isi direktori yang ada di dalamnya dan dapat mengkopi atau mentransfer file-file ke komputer lokal miliknya. File-file dengan berbagai format dapat ditransfer dengan mudah, seperti file-file teks, gambar, program, suara, dll (Wahana Komputer, 1997:12 ).
FTP merupakan layanan di Internet untuk melakukan transfer data dari (disebut unduh atau download), atau ke (disebut unggah atau upload) suatu komputer atau server yang terletak di Internet. Ini mirip dengan menyalin suatu arsip pada komputer dari suatu direktori ke direktori lain, hanya saja direktori asal atau tujuan tersebut terletak pada suatu komputer lain yang terhubung ke Internet.

3.    Electronic Mail (E-Mail)
Electronic Mail kalau dalam istilah Indonesia surat elektronik merupakan salah satu fasilitas Internet yang banyak digunakan untuk berkomunikasi, antara lain untuk keperluan perpustakaan, seperti menghubungi penerbit, pengarang suatu artikel atau buku, sekretariat seminar, dan lain sebagainya, termasuk saling bertukar informasi melalui surat elektronik. Juga dapat membuat dan mengirim pesan tertulis kepada seseorang atau kelompok orang yang juga terdaftar di Internet. Elektronik Mail adalah surat menyurat menggunakan komputer melalui suatu jaringan. Pada kebanyakan jaringan komputer, pengguna dapat saling bertukar informasi dan berita (kamus lengkap dunia komputer, 2002: 113).
Sedangkan Elektronik Mail menurut Koswara (1998:186) merupakan alternative aplikasi untuk mengirimkan surat secara elektronik dengan menggunakan komputer sehingga pengiriman akan lebih cepat dan efisien dibandingkan jasa pos maupun fax. Hal senada juga diungkapkan oleh Ramadhani (2003:7) adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna Internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di Internet.
Dengan adanya fasilitas Elektronik Mail (E-Mail) ini para pengguna memiliki sebuah mailbox (kotak surat). Suatu mailbox memiliki sebuah alamat sebagai identitas dari orang yang dituju agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman informasi atau berita kepada mailbox yang dituju. Informasi atau berita yang sudah dikirim akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox kapan saja bisa menjawabnya, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan E-Mail.
Biasanya E-Mail dikelompokkan menjadi dua basis, pertama, E-Mail berbasis client adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada komputer dan memungkinkan untuk dapat mengirim, menerima dan mengola E-Mail (wahana komputer, 2005: 240). Disebut sebagai client karena sistem E-Mail berdasarkan pada sebuah arsitektur klien server, yang terdiri dari berbagai macam computer dan pengguna yang menggunakan sebuah aplikasi tersebut dan terhubung dengan sebuah komputer besar yang khusus dipersembahkan untuk mengolah disk drives atau file, printers dan juga network atau jaringan. E-Mail client ini menggunakan perangkat lunak seperti aplikasi Outlook Express. Perangkat lunak ini meyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan E-Mail secara offline (tidak tersambung ke Internet). Dengan demikian biaya koneksi ke Internet dapat di hemat walaupun ada juga E-Mail client yang bayar, seperti E-Mail dari institusi pemerintah dan perusahaan. Koneksinya hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau penerimaan (recieve) E-Mail dari Mailbox.
Kedua, E-Mail berbasis web ini ialah layanan yang memungkinkan untuk mengakses E-Mail melalui web browser seperti Internet eksplorer (wahana komputer, 2005: 243). E-Mail berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan E-Mail gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com) (ramadhani, 2003: 8).
Fasilitas E-Mail berbasis web ini mempunyai keuntungan tidak perlu mengatur setting dan mempersiapkan program E-Mail Client untuk masuk, mebuka, membaca dan mengirim E-Mail. Pengguna dapat langsung membuka pada web browser Internet eksplorer. Dari kuntungan tersebut E-Mail berbasis web ini tentunya mempunyai kekurangan yaitu setiap pelayanan berbasis web, memiliki keterbatasan mengenai terbatasnya kapasitas, sehingga pengguna tidak berlama-lama menyimpang pesan yang telah lama, atau dengan kata lain pengguna harus cepat-cepat menghapus pesan yang sudah dibaca dan juga sering kali mengdapatkan iklan yang sangat bayak pada layanan ini (wahana komputer, 2003: 243-244).

4.    Newsgroup
Newsgroup adalah fasilitas di Internet yang merupakan pengembangan dari E-Mail. Newsgroup adalah forum-forum diskusi secara online di Internet. Newsgroup merupakan bagian dari UseNet atau user’s network. Bila diibaratkan UseNet suatu gedung, maka newsgroup merupakan ruang-ruang yang ada di dalamnya (Wahana Komputer, 1997:13).
Newsgroup dipisahkan berdasarkan topik-topik yang dibicarakan di dalamnya, topik yang meliputi politik, ekonomi, olahraga, hiburan, dan teknologi. Pemakai Internet dapat bergabung ke suatu newsgroup tertentu sesuai dengan topik yang diinginkannya. Setelah pemakai bergabung ke suatu newsgroup, maka ia akan mendapatkan kiriman berbagai artikel yang dikirimkan oleh para anggota yang lain, dari newsgroup yang bersangkutan. Disamping menerima artikel-artikel, pemakai juga dapat mengirimkan artikel ke newsgroup tersebut agar dibaca juga oleh pemakai lainnya. Prosedur pengiriman dan pembacaan artikel di newsgroup sama dengan prosedur pengiriman dan pembacaan E-Mail.

5.    Mailing List
Mailing List adalah group diskusi berbasis E-Mail. Kumpulan E-Mail address diwakili sebuah E-Mail address tunggal (list-address). Member mengerim pesan ke list-address dan agen atau server mailing list secara otomatis mendistribusikannya ke semua alamat (address) masing-masing member (Rafiudin, 2005: 91).
Beberapa pengguna E-Mail dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat E-Mail. Setiap E-Mail yang ditujukan ke alamat E-Mail kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat E-Mail seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).
Menurut Rafiudin (2005:91-92) Terdapat dua tipe Mailing List, yaitu:
1.    Pemakai membuat address-address untuk dua orang atau lebih dalam sebuah program E-Mail.
2.    pemakai membuat komunitas list menggunakan software khusus Mailing List. Para member ini, dapat saling mengirim topik untuk didiskusikan bersama.

6.    IRC
IRC (Internet Relay Chat) adalah fasilitas di Internet yang dikembangkan sekitar tahun 1980an dikenal juga dengan sebutan chat saja, yang sebenarnya merupakan pengembangan dari utility talk di sistem UNIX. IRC memungkinkan para pemakai di Internet untuk saling berbicara secara langsung dengan menggunakan teks atau dengan menuliskan teks di komputer. (Wahana Komputer, 1997:15-16). Dalam sebuah sesi chatting, komunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain.
IRC juga merupakan fasilitas yang berjalan secara clien-server, jadi pemakai yang ingin memanfaatkan fasilitas IRC ini harus menjalankan program clien IRC dan menghubungkan ke suatu server IRC diataranya yang popular adalah software mIRC, ICQ, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan sebagainya. Contoh situs web yang memberikan layanan ini adalah Yahoo! Group (http://groups.yahoo.com) dan (http://chat-forum.com) (Pornomo, 2005:376).
Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan.
Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh) (Ramadhani, 2003:11). Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).

7.    Remote Login
Remote login atau Telnet adalah fasilitas di Internet yang memberikan fasilitas seperti halnya komputer yang menghubung ke suatu Bulletin Board System (BBS). BBS adalah suatu bentuk layanan informasi secara on-line di mana disediakan suatu selver BBS yang berisikan data, informasi, dan program-program yang dapat dijalankan secara online oleh para pemakai yang menghubung kepadanya dengan menggunakan modem dan saluran telpon (Wahana Komputer,1997:15).
Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna Internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan Internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna Internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host (Ramadhani, 2003:10).

Daftar Pustaka

Ramadhani, Graifhan. 2003. “Modol Pengenalan Internet”. http://www.jplh.or.id/elnv4/index2.php?option=com_content&do_pdf=1& id=68. Tanggal 21 Februari 2007. Jam 14.15.

Vaughan, Stevea dkk. 1999. Yang Perlu Anda Ketahui Tentang World Wide Web. Yogyakarta: Andi.

Purwono. 2003. Perpustakaan, Pustakawan dan Kepustakawanan. Program D3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM Yogyakarta.

Rafiudin, Rahmat. 2005. Membangun Sendiri Server Mailing List. Yogyakarta: Andi.

Purnomo, Herry, dan Theo Zacharias. 2005. Pengenalan Informatika Persepektif Teknik dan Lingkungan. Yogyakarta: Andi.

Kamus lengkap dunia komputer, 2002. Yogyakarta: Andi

Zainuddin, Zaslina. 2006. “Pola Pemanfaatan Internet Oleh Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara”. Dalam Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 2, No. 1, Juni 2006.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Wahana Komputer. 2005. Melindungi Anak Anda Saat BerInternet. Yogyakarta: Andi.

Wahana Komputer. 1997. Menjelajah Internet Dengan Netscape Navigator 3.0. Cet. II. Yogyakarta: Andi.

About these ads

3 Balasan ke Fasilitas pada Internet

  1. [...] Fasilitas pada Internet [...]

  2. eggaaa mengatakan:

    good good. . .. godd

  3. luthfi mengatakan:

    terima kasi atas kunjungannya..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: